Berapa Biaya Membuat Website

biaya webBanyak orang membuat website untuk mengembangkan usaha/bisnisnya. Beberapa instansi juga memerlukan website dalam memperkenalkan program, menyampaikan pesan-pesan, dan membuka interaksi agar lebih mudah berkomunikasi dengan masyarakat. Artinya website sangat diperlukan. Namun, berapa biaya membuat website?

Tidak ada patokan yang jelas berapa biaya membuat website. Perkembangan harga selalu meningkat setiap tahunnya. Harga komponen website juga berbeda-beda. Baik domain dan hosting juga memiliki kualitas dengan harga yang berbeda juga. Tema dalam website yang ingin digunakanpun juga memiliki harganya sendiri.

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang HTML, PHP, JavaScript, atau sejenisnya, Anda telah meminimalkan pengeluaran Anda. Namun, banyak orang merasa kesulitan untuk mempelajari kode-kode yang harus digunakan dalam pembuatan website tersebut. Mempelajari coding membutuhkan waktu yang lama setidaknya enam bulan. Sebab itu, mereka yang kesulitan menggunakan jasa pembuat website. Biasanya, biaya yang harus Anda keluarkan untuk memanfaatkan jasa pembuat website menjadi lebih besar. Lalu, untuk apa saja biaya yang Anda keluarkan?

Domain

Di setiap tahun, penawaran harga domain berubah-ubah. Mulai dari domain yang gratis hingga berbayar minimal IDR 1.000.000 tersedia dalam penawaran tersebut. Pihak perusahaan penawar domain memiliki slogan ada uang ada barang. Artinya kualitas suatu website tergantung dari harga yang ditawarkan. Semakin tinggi kualitasnya, semakin tinggi biayanya. Beberapa domain ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Harga yang mulai IDR 150.000 – IDR 400.000 atau lebih. Perusahaan yang menawarkan domain seperti ini biasanya dari situs luar negeri maupun lokal.

Dari sekian domain yang ada, tentu saja Anda akan disarankan untuk membeli domain yang berbayar agar Anda memiliki ad sense dan mempengaruhi penjualan Anda. tentu saja hal ini diikuti dengan kualitas website yang baik pula.

Hosting / VPS

Tidak hanya domain, hosting juga memiliki harga yang bervariatif. Kualitas dan spesifikasi dari penyedia hosting juga menentukan harga yang berbeda.  Biasanya, Anda akan disarankan untuk memilih hosting berbayar. dengan harga mulai IDR 5.000 perbulan. Pemilihan hosting juga harus cermat yang disesuaikan dengan RAM, HDD, Bandwidth, CPU, Datebase dan fitur lainnya. Umumnya, harga hosting yang memiliki kualitas bagus mulai dari IDR 25.000-IDR 50.000 perbulan. Sedangkan, penawaran harga VPS umumnya berkisar IDR 50.000 ke atas.

Desain Web

Dalam pembuatan desain web, CMS yang gratis memiliki fitur desain yang mudah digunakan. Namun, desain tersebut tidak mencakup fitur-fitur yang Anda inginkan. Untuk itu, pembuat jasa website memiliki penawaran sendiri dalam mendesain web Anda. Umumnya, harga desain website mulai dari IDR 1.000.000 sampai puluhan juta. Jika sejak awal Anda sudah melakukan penawaran, Anda juga telah membayar kebutuhan hosting dan domain. Umumnya, mendesain web yang sudah termasuk domain dan hosting memiliki kisaran harga IDR 2.000.000 sampai ratusan juta.

Pemilihan Theme Plugin Premium

Untuk pengguna wordpress, Anda dapat menggunakan theme atau plugin premium yang tersedia. Syaratnya hanya menyiapkan dana tertentu untuk mendapatkan theme dan plugin yang sesuai dengan keinginan Anda. Harga rata-rata mencapai IDR 250.000 hingga satu juta. Jaminan penggunaan theme dan plugin berbayar ini sangat efektif dan bagus. Anda akan mendapatkan tampilan yang tidak kalah menarik dengan web lainnya. Anda juga dapat meningkatkan kualitas fitur-fitur yang ada, seperti kualitas SEO.

Upaya membuat website Anda muncul dalam halaman google, Anda harus memperhatikan hal-hal lainnya. Faktor penentunya tidak hanya meningkatkan kualitas SEO. Anda juga harus memiliki skill dalam penggunaan HTML dan semacamnya. Dengan begitu, kualitas web Anda akan lebih baik dan Anda dapat memangkas pengeluaran Anda lebih besar. Setidaknya IDR 1.000.000 pertahun