Biaya Pembuatan Website E Commerce Sendiri VS Jasa

biayaE commerce menjadi salah satu lahan bisnis yang cukup menguntungkan saat ini. Hanya dengan memanfaatkan koneksi internet Anda bisa menawarkan produk Anda sendiri tanpa perlu keluar rumah. Bahkan juga sudah banyak yang mendulang kesuksesan dalam bisnis e commerce yang satu ini. Namun satu hal yang penting dan wajib dimiliki saat memulai bisnis yang satu ini adalah website. Yup, webiste menjadi wadah tempat Anda melakukan penawaran produk Anda. Website juga tempat pelanggan melihat dan membeli produk Anda. Selain itu, website merupakan tempat komunikasi antara pelaku bisnis dan konsumen. Begitu, besar manfaat website untuk bisnis e commerce. Namun begitu, banyak yang mempertanyakan biaya pembuatan website e commerce. Tentunya biaya dalam membuat sendiri dan menggunakan jasa akan berbeda. Bagi Anda yang ingin mengetahui biaya pembuatan website e commerce sebagia media pendukung usaha Anda berikut ini beberapa informasi terkait rincian biaya tersebut.

 

Biaya pembuatan website sendiri

 

Walaupun membuat website sendiri jangan dikira tidak akan mengeluarkan biaya. Perlu Anda ketahui bahwa jika ingin memiliki website sendiri dibutuhkan yang namanya domain dan hosting. Di mana keduanya merupakan tempat penyimpanan data usaha Anda. Tentunya kedua hal wajib tersebut memiliki biaya bulanan hingga tahunan. Artinya biaya pembuatan website e commerce sendiri tergantung dengan harga domain dan hosting yang Anda gunakan.

 

Tentunya harga domain dan hosting memiliki tingkatan harga yang berbeda – beda. Penyedia webhosting akan memberikan harga yang berbeda – beda. Untuk harga domain sendiri biasanya berkisar antara 150 ribu hingga puluhan juta. Tergantung eksestensi dari domain tersebut. Misalnya untuk domain yang terkenal yakni .com beberapa perusahaan akan memberikan harga 150 ribu hingga 300 ribu rupiah per tahunnya.

 

Sedangkan untuk hosting sendiri tergantung akan SSD, Stronge dan bandwidth yang ditawarkan. Semakin tinggi ketiga jenis tersebut maka akan semakin besar biaya pembuatan website e commerce yang dibutuhkan. Misalkan saja untuk hosting yang jenis premium dengan stroge 700 mb dan bandwidht unlimated akan dipatok dengan harga 20 ribu per bulan. Jadi selama setahun adalah 240 ribu rupiah. Jika digabungkan dengan domain tadi berarti untuk biaya pembuatan website e commerce sendiri Anda membutuhkan sekitar 500 ribu saja.

 

Biaya pembuatan website dengan jasa

Lantas bagaimana dengan biaya pembuatan website e commerce yang menggunakan jasa. Tentu masih sama dengan biaya pembuatan website sendiri. Di mana setiap jasa pembuatan website harus membeli domain dan server hosting. Namun begitu, Anda juga harus menyiapkan dana tambahan untuk membayar jasa mereka. Namun biasanya, jasa pembuat website akan menawarkan beberapa paket khusus. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan juga akan lebih murah.